Strategi Penting dalam Penjualan

Wakastudio

Editorial

Sehebat apa pun produk yang Anda ciptakan tetapi bila strategi yang dijalankan dalam penjualan kurang efektif usaha Anda tak akan dapat berkembang sesuai keinginan. Jadi dapat dikatakan bahwa kunci kesuksesan sebuah bisnis adalah teknik marketing yang tepat selain memang produk yang ditawarkan benar-benar berkualitas dan dibutuhkan oleh masyarakat. Simak ulasan berikut ini untuk mendapatkan point-point utamanya.

Teknik pemasaran jitu dalam bisnis

Setelah yakin bahwa produk yang Anda sediakan mempunyai kualitas yang jempolan, pikirkanlah strategi marketing terbaik dan paling efektif yang dapat memastikan kesuksesan penjualan produk Anda. Nah, inilah 5 strategi marketing dalam bisnis yang mungkin bisa menjadi ide terbaik.

Kenali pelanggan

Sebelum melemparkan produk buatan Anda ke pasaran, terlebih dahulu lakukan identifikasi terhadap pangsa pasar Anda. Contohnya, bisnis Anda berkaitan dengan fashion item muslimah remaja, tentu sasaran Anda adalah para wanita berhijab dengan rentang usia 15 tahun hingga 30 tahun. Contoh lainnya adalah usaha yang bergerak dalam pengadaan sepatu kulit wanita formal, maka Anda dapat menargetkan para karyawati yang bekerja di perkantoran. Setelah mendapatkan data dari identifikasi ini Anda dapat menyusun strategi marketing dengan lebih mudah dan efektif serta menghindarkan Anda dari penggunaan dana dan waktu yang sia-sia.

Promosi

Promosi yang tepat sangat penting dalam upaya penjualan produk. Anda harus melakukannya dengan cara-cara yang kreatif, konsisten, dan berkesinambungan. Cara paling mudah dan dapat Anda lakukan sendiri adalah dengan membawa brosur atau pamflet tentang produk atau jasa dari bisnis Anda untuk dibagikan kepada orang-orang, mulai dari kolega, kerabat, tetangga di lingkungan sekitar, dan sebagainya. Anda juga dapat memperkenalkan produk Anda dengan sarana media sosial yang akan lebih efektif bila Anda mempunyai banyak follower.

Jangan lupa mengamati bagaimana teknik promosi yang dilakukan oleh para pesaing Anda. Bila memang kompetitor Anda mempunyai cara promosi yang lebih menarik, segera pikirkan cara untuk branding produk Anda dengan lebih unik serta kreatif. Satu teknik promosi yang bisa menjadi pilihan adalah dari mulut ke mulut karena dapat menjaring lebih banyak konsumen. Tetapi syaratnya, produk Anda harus benar-benar luar biasa sehingga layak menjadi buah bibir.

Strategi Penting dalam Penjualan
Lokasi

Dalam memilih lokasi usaha memang benar-benar harus diperhatikan karena akan berdampak pada pemasaran produk Anda. Misalnya untuk bisnis kuliner, kantin prasmanan yang menjual makan siang akan lebih cocok ditempatkan pada kompleks perkantoran, sekolah, atau kampus. Dengan demikian Anda akan lebih mudah mendapatkan pelanggan karena lokasi bisnis Anda yang terjangkau.

Internet marketing

Perlu diketahui bahwa masyarakat Indonesia termasuk yang paling banyak menggunakan internet serta bertransaksi via internet. Inilah sebabnya Anda tak boleh melewatkan teknik marketing via online ini, misalnya dengan membuat bisnis Anda go online atau membangun online shop, media sosial, email marketing, dan lain-lain.

Manfaatkanlah perubahan gaya hidup, termasuk gaya berbelanja masyarakat modern yang menginginkan segala sesuatunya semakin praktis dan mudah. Salah satu kelebihan internet marketing ini adalah berpotensi untuk menjangkau konsumen dimana dan kapan pun tanpa halangan ruang dan waktu selama masih ada sambungan internet.

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Untuk membuat bisnis Anda berkembang semakin pesat jalin hubungan yang baik dengan pelanggan selain memperhatikan kualitas produk Anda. Dengan demikian konsumen akan setia pada produk Anda walaupun di luar sana banyak produk sejenis yang beredar.

Nah, semoga informasi tentang strategi penjualan bisnis ini bermanfaat!

Jika Anda menyukai artikel ini, silahkan bagikan ke rekan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *