Menjadi Pribadi Yang Dapat Dipercaya

Wakastudio

Editorial

Salah satu ciri orang yang memiliki integritas adalah orang yang dapat dipercaya. Biasanya orang seperti ini memiliki kesatuan ucapan dan perbuatan sehingga dipercaya oleh orang lain. Kepercayaan dari orang lain itu sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, ketika Anda ingin mengajukan modal bisnis pada investor. Tentu investor tidak memberikan begitu saja modalnya kepada Anda. Dia akan melihat apakah Anda orang yang patut dipercayai atau tidak. Butuh waktu yang lama untuk menjadi orang yang pantas dipercayai. Jika selama ini masih banyak orang yang tidak percaya terhadap Anda, artikel di bawah ini bisa membantu Anda dalam pengembangan diri agar menjadi pribadi yang dapat dipercaya.

Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan bagi anda yang menginginkan pengembangan diri agar menjadi pribadi yang dapat dipercaya:

1. Jujur Dalam Segala Hal

Syarat utama agar Anda menjadi pribadi yang dapat dipercaya adalah Anda harus jujur dalam segala hal. Orang lain tidak mungkin akan percaya kepada orang yang suka berbohong. Bahkan Anda juga harus jujur terhadap kelemahan diri sendiri, seperti apa yang tidak Anda tahu atau tidak mampu. Percayalah kebohongan hanya akan memunculkan kebohongan baru dan membuat hidup Anda semakin sulit.

2. Menepati Janji

Kepercayaan dibangun dari perkataan Anda. Kebiasaan mengobral janji tetapi tidak pernah ditepati akan menghilangkan kepercayaan orang lain terhadap Anda. Jadi apapun janji yang sudah Anda buat, sebisa mungkin ditepati. Dan jangan memberikan janji apapun jika Anda tidak ada tekat untuk menepatinya.

3. Bertanggung Jawab

Bertanggung jawablah terhadap pekerjaan atau tugas sekecil apapun yang dibebankan kepada Anda. Jika Anda sering mengerjakan apapun yang dibebankan kepada Anda dengan baik dan penuh tanggung jawab, maka orang lain akan mudah memberikan kepercayaannya.

4. Konsisten

Konsisten memang tidak mudah dilakukan. Baik konsisten dalam perbuatan maupun perkataan. Konsisten dalam perbuatan bisa dilihat dari kedisiplinan dalam mengerjakan sesuatu. Dan konsisten dalam perkataan dapat dilihat dari berubah ubah atau tidaknya perkataan atau keputusan seseorang. Semakin sering Anda tidak disiplin, mengubah-ubah keputusan atau perkataan maka orang lain juga tidak akan percaya.

5. Percaya Pada Diri Sendiri

Untuk membuat orang lain percaya pada Anda, Anda harus memulainya dengan percaya pada diri sendiri terlebih dahulu. Bersikap tegas dan jangan pernah ragu dengan kemampuan diri sendiri. Bagaimana orang akan memberikan kepercayaan bila Anda sendiri ragu terhadap diri sendiri.

Menjadi Orang Terpercaya
6. Mengesampingkan Kepentingan Sendiri

Ketika Anda mendapatkan kepercayaan untuk mengerjakan sesuatu, maka Anda harus mengesampingkan kepentingan pribadi demi terselesaikannya perkerjaan tersebut dengan baik. Dengan begitu orang lain akan menganggap Anda memang pantas mendapatkan kepercayaan.

7. Bercanda Pada Tempatnya

Bercanda memang tidak dilarang. Tetapi pandailah dalam menempatkan. Karena orang yang sering bercanda dan menanggapi sesuatu dengan tidak serius, seringkali membuat orang lain menganggap apa yang dikatakan atau dilakukan hanyalah candaan. Sehingga hal ini akan menurunkan kepercayaan orang lain terhadap Anda.

8. Berpenampilan Menarik

Berpenampilan menarik tidak hanya terkait dengan busana yang Anda pakai. Tetapi juga terkait dengan cara berkomunikasi. Anda akan mendapat kesan yang baik dari orang lain jika cara berkomunikasi anda sopan dan memiliki tata krama. Bahkan jika Anda hebat dalam berkomunikasi, maka tidak hanya kesan yang baik saja tetapi juga kepercayaan. Karena hal biasa akan terlihat luar biasa jika dikomunikasikan dengan hebat.

Kepercayaan adalah hasil dari sikap yang Anda bangun setiap harinya. Semoga penjelasan diatas dapat membantu mengembangkan diri Anda menjadi pribadi yang memiliki integritas sehingga dipercaya oleh orang lain.

Jika Anda menyukai artikel ini, silahkan bagikan ke rekan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *