7 Langkah Mengembangkan Bisnis

Bangun Aliansi

Menjajarkan bisnis Anda dengan bisnis lain yang memiliki tipe yang sama dapat menjadi langkah yang baik untuk berkembang dengan cepat. Dengan adanya aliansi bisnis memungkinkan Anda untuk mendapatkan daftar calon pelanggan yang prospektif dari bisnis lain. Namun dengan metode ini adanya pembagian komisi antar bisnis dalam aliansi adalah hal yang wajar. Jim Labadie, seorang pelatih bisnis menyarankan pebisnis untuk melihat gambaran besar dan dia berkata: “Jika Anda ingin menyimpan seluruh uang untuk diri sendiri, Anda benar-benar menembak kaki Anda sendiri.”  Lanjut lagi, “Anda perlu bersekutu dengan bisnis lainnya yang telah memiliki daftar pelanggan prospektif. Ini adalah langkah tercepat untuk sukses.”

Membuat Variasi

Ada beberapa ide dari McGuckin, seorang konsultan bisnis kecil, untuk membuat variasi lini produk atau jasa:

  • Menjual produk/jasa komplementer (pelengkap)
  • Memberi pelatihan/kelas khusus tentang produk/jasa milik Anda
  • Impor atau ekspor produk Anda yang lain
  • Menjadi pembicara atau penulis

Membuat variasi adalah salah satu strategi yang bagus untuk tumbuh. Hal ini memungkinkan Anda untuk memiliki sumber pemasukan beragam yang dapat mengisi kekosongan musiman, dan tentu saja meningkatkan margin penjualan dan keuntungan. McGuckin sendiri yang awalanya adalah pebisnis bidang akunting, memvariasikan bisnisnya menjadi pembicara, penulis, dan penerbitan/publikasi.

Incar pasar lain

Anda perlu mengamati basis pelanggan Anda. Sebagai contoh jika konsumen Anda umumnya adalah remaja atau pelajar maka Anda dapat pikirkan di mana mereka banyak menghabiskan waktu. Sekolah, kampus, atau tempat hiburan dapat menjadi pasar lain yang dapat Anda incar.

Menangkan kontrak dengan pemerintah

“Langkah terbaik bagi bisnis kecil untuk berkembang adalah dengan menjadikan lembaga pemerintahan sebagai pelanggan,” tulis N.M. Velazquez, anggota House Small Business Commite dari Demokrat Amerika. Pengajuan proposal biasanya membutuhkan cukup banyak riset dan pekerjaan dasar. Jika kita tidak siap meluangkan waktu untuk menyesuaikan dengan berbagai ketentuan/peraturan yang ada, kita hanya akan membuang waktu.

Akuisisi atau bergabung dengan bisnis lain

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam integrasi dua perusahaan diantaranya:

  • Pemilikan pelanggan. Mengontak atau menemui pelanggan dari perusahaan yang diakuisisi menjadi satu pekerjaan.
  • Pemilikan staff. Staff terbaik dari perusahaan yang diakuisisi perlu dijaga.
  • Penyatuan teknologi.
  • Fokus.Terkadang akuisisi dapat menyebabkan produk yang sudah ada terlantar.

Perluas secara global

Dalam hal ini umumnya Anda juga memerlukan distributor dari luar untuk menangani pengelolaan inventori produk Anda dan penjualan kepada pasar domestik.

Perluas melalui Internet

Bill Gates berkata pada akhir 2002, “Hanya akan ada dua jenis bisnis: mereka yang dengan eksistensi di Internet, dan mereka yang tanpa bisnis sama sekali.” Pernyataan tersebut menyiratkan bahwa saat ini bisnis sudah seharusnya memiliki eksistensi di Internet. Sally Falkow, seorang web content strategist mengatakan, “Mungkin ini melebih-lebihkan kondisi, namun website yang efektif sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari bisnis saat ini.” Sally menambahkan, “Membuat website Anda ada pada hasil pencarian mesin pencari adalah kuncinya. Saat ini ada lebih dari 4 miliar halaman web, dan arus Internet menjadi dua kali lipat setiap 100 hari, menjadikan website Anda terlihat (ditengah keramaian tersebut) adalah vital. Anda membutuhkan seluruh senjata yang dapat Anda peroleh.” Desain dan pemrograman juga penting, namun konten Anda lah yang akan menarik pengunjung ke website Anda dan tetap tinggal. Saat ini penyedia layanan pembuatan website dan pengembangan konten banyak tersedia. Wakastudio adalah salah satu pengembang website dan konten yang dapat diandalkan sebagai mitra bisnis Anda.

Jika Anda menyukai artikel ini, silahkan bagikan ke rekan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *