Pentingnya Keberanian Mengambil Risiko

Wakastudio

Editorial

Saat memutuskan keluar dari zona nyaman dan menjadi seorang wirausaha, Anda dituntut memiliki keberanian. Seorang wirausaha harus berani menciptakan tren baru, mengambil keputusan dan mengambil risiko.

Semua usaha tentu memiliki risiko yang mungkin saja terjadi. Apalagi perkembangan dunia yang semakin modern menyebabkan banyak hal yang tidak bisa dipastikan termasuk risiko bangkrut, produk tidak laku dan lain-lain.

Pentingnya sikap berani mengambil risiko bagi wirausaha

Seorang yang hendak terjun ke dunia bisnis, wajib menganalisa risiko yang mungkin saja terjadi. Namun, jangan sampai analisa tersebut berujung pada ketakutan mengambil keputusan.

Risiko merupakan salah satu hal wajar yang akan memberikan banyak pengalaman dan wawasan dalam membangun sebuah usaha. Tentu hal ini pula yang akan memberikan tolok ukur berbeda bagi seorang wirausaha dan pekerja. Risiko akan membuat seseorang berani mencoba hal yang baru atau tidak berputar pada satu titik.

3 manfaat keberanian mengambil risiko

Anda berharap usaha yang Anda rintis terus berkembang pesat maka wajib mengetahui manfaat sebuah risiko dalam mengambil keputusan. Semakin Anda berani mengambil lebih banyak risiko maka hal-hal berikut ini bakal Anda dapatkan.

1) Membawa perubahan yang variatif dalam kehidupan seseorang

Keberanian mengambil sebuah risiko akan membuat seorang pengusaha bersiap menghadapi kemungkinan terburuk seperti gagal dan lain-lain. Tentu saja hal yang bakal terjadi tersebut akan memberikan perubahan yang variatif dari skala kecil hingga besar. Setidaknya hal itu pula yang membuat pebisnis mempersiapkan diri secara maksimal sebelum mengambil keputusan.

Pentingnya Berani Mengambil Resiko
2) Membuat kehidupan lebih berwarna

Pasang surut sebuah usaha juga ditentukan oleh sikap berani mengambil risiko. Memang terkadang risiko bisa saja membuat banyak pelaku usaha tertekan dan stress jika tidak sesuai hasil yang didambakan. Namun, Anda bisa merasakan dampak positif dengan menjadi pribadi yang tidak gampang menyerah pada kegagalan sebelumnya.

3) Risiko bisnis mengajari seorang pengusaha sejati pentingnya sebuah proses

Pernahkah Anda melihat seorang jutawan mendadak dalam merintis sebuah usaha? Mungkin ada segelintir orang yang mengalami hal tersebut namun banyak pula yang harus melalui banyak hal.

Dari berbagai hal berisiko yang dijalani, banyak pemula menjadi pengusaha sejati. Mereka memiliki sikap berani mengambil risiko terburuk sekali pun. Tak heran jika pengusaha model seperti ini lebih tahan banting terhadap perubahan tren pasar. Mereka lebih terbuka dan berani tanpa harus meninggalkan sikap hati-hati. Ciri inilah yang akan membuat Anda sukses mengembangkan sebuah usaha.

“If You are not willing to risk the unusual, you will have to settle for the ordinary.”

Jim Rohn. Entrepreneur, Author, & Speaker

Manfaat berani mengambil sebuah risiko tersebut bisa Anda jadikan acuan dalam membangun sebuah bisnis. Jadilah seseorang yang bisa menganalisa pasar, menciptakan peluang dan berani mengambil keputusan yang berisiko.

Namun, pastikan pula bahwa Anda telah mempersiapkan diri lebih baik sebelum menentukan langkah berani tersebut. Nah, sudahkah Anda siap keluar dari zona nyaman selama ini?

Jika Anda menyukai artikel ini, silahkan bagikan ke rekan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *